Tips Membuat Blog Agar Terlihat Lebih Menarik

Sebelumnya saya minta maaf yang sebesar-besarnya untuk semua teman-teman saya yang setia berkunjung di blog saya ini, sudah hampir 1 minggu ini saya tidak berkunjung dan rutin berkomentar di blog teman-teman semua.

Saya kemarin terkena radang tenggorokan sehingga harus istirahat penuh karena bawaannya malah demam tinggi :( Tapi alhamdullillah sekarang sudah lumayan sehat dan bisa kembali blogging :)


Ok, untuk mengawali kembalinya saya blogging lagi, hari ini saya ingin berbagi tips kepada teman-teman semua tentang bagaimana caranya Membuat Blog Agar Terlihat Lebih Menarik.


Sebenarnya saya sendiri masih bingung menjawab ketika ada pertanyaan dari seorang teman, yang bertanya gimana sih mas caranya agar blog kita itu tampak menarik? Saya bukan bingung karena apa, tapi arti menarik di sini memiliki makna yang sangat luas dan umum.


Misalkan blog saya ini, menurut saya sih masih menarik blog teman-teman semua ketika saya blogwalking, tapi ada juga teman yang mengatakan bagus mas blognya, ada juga yang bilang masih kurang ini dan itu mas, hehe, toh saya juga bingung, karena penilaian blog yang menarik itu adalah RELATIF :D


Tapi yang jelas saya di sini bukan mau menggurui ataupun memaksa cara pikir saya sekarang kepada teman-teman semua, tapi walaupun begitu mungkin beberapa tips saya ini mungkin bisa menjadi salah satu referensi ketika teman-teman membutuhkannya, tentunya berdasarkan pengalaman saya juga dan saya terapkan selama saya blogging.


Berikut Tips Membuat Blog Agar Terlihat Lebih Menarik:


1. Percepat Loading Page Blog,


Saya sering melakukan blogwalking baik itu nyasar ataupun memang sesuai jadwal, masih banyak blog yang load pagenya ampun-ampunan lambatnya. Ketika ada pengunjung yang berkunjung ke blog yang load pagenya lambat setengah mati, kira-kira apa yang bakal teman-teman lakukan? Saya jamin 100% teman-teman bakal langsung CLOSE blognya.


Note: Tidak semua pengunjung blog berselancar di warnet yang jaringan netnya bisa saya katakan stabil dan lumayan cepat, sehingga bisa cepat untuk mengakses sebuah blog, tapi ada juga yang menggunakan modem yang kecepatan akses internet terbatas sesuai quota, seperti saya ini, hehehe.


Nah, untuk mengantisipasi terjadi hal di atas, sebaiknya teman-teman perhatikan juga load page blog teman-teman. Saya sarankan jangan menggunakan widget yang tidak penting, hapus beberapa widget tersebut dan pilih 2-3 widget, misal google translate, daftar isi blog atau widget recent comments.


Terus, jangan terlalu banyak memasang banner iklan dan banner lainnya serta foto-foto dengan kapasitas besar, tentunya akan membuat page blog semakin lambat.
Untuk pilihan widget, pilih sesuai selera widgetnya, tapi pilih yang penting-penting saja :) Nah untuk mengecek kecepatan page blog teman-teman, silahkan test kecepatannya di sini.

2. Perhatikan Templates Blog,


Templates adalah refleksi dari empunya blog, dan saya anggap templates adalah tampilan yang harus bisa serasi dengan sebuah blog. Dari tampilan templates, para pengunjung secara tidak langsung bisa memberikan responnya, bisa saja biasa saja, bisa jatuh cinta atau malah cuek dan lain sebagainya.


Intinya adalah suatu templates harus memiliki keserasian antara background, jenis font, warna font, warna link, warna sidebar yang dilihat baik dari segi bentuk maupun warnanya secara umum. Selain itu juga ada kesesuaian antara sidebar dengan page post, header dan lain sebagainya.


Saya pribadi lebih menyukai background putih karena selain tampak bersih, putih juga terlihat lebih rapi, dan bagi saya rapi adalah sebagian dari iman dan prinsip :D Tapi hal ini kembali lagi pada masalah selera teman-teman semua.


Jadi pilihlah sebuah templates yang bersahabat dengan mata para pengunjung dan tentunya yang SEO friendly, jangan egois ketika memilih templates, karena penikmat blog bukan cuma kita sebagai empu blog tapi juga akan dinikmati oleh teman-teman dan para pengunjung blog lainnya.


Untuk mencari templates yang SEO friendly, rapi dan enak dipandang mata, saya fikir teman-teman bisa mencari nya sendiri, banyak di google, hehehe.


3. Perhatikan Konten / Isi Blog,


Untuk konten / isi blog saya sarankan agar teman-teman membuat maksimal 10 baris dalam 1 paragraf agar para pengunjung (pembaca) merasa lebih nyaman. Konten juga bermanfaat untuk membantu para pengunjung untuk mendapatkan segala informasi yang mereka cari. Bisa tentang tutorial dan tips blog, info musik, info kesehatan dan lain sebagainya, tentunya juga jika konten blog menarik dan berbobot akan menambah nilai tersendiri untuk sebuah blog.


Kemudian, jika memang kita menguasai suatu hal dan ada request dari para pengunjung yang menitipkan requestnya di bagian komentar, sebaiknya buatkanlah sebuah postingan yang membahas mengenai pertanyaan request tersebut. Selain menambah kualitas si empu blog, blog juga akan tercipta sebuah komunitas secara tidak langsung. Malah lebih bagus dan atraktif, blog akan tampak lebih hidup.


Lalu, sekali-kali buatlah sebuah konten yang sedang hangat dibicarakan saat ini atau informasi terbaru, bisa tentang review sepakbola (piala dunia 2010), kisah artis yang sedang top, penemuan teknologi terbaru dan lain sebagainya.


Sebenarnya masih banyak tips lainnya tentang membuat membuat menarik blog, tapi di sini saya hanya menyampaikan 3 pokok utamanya saja. Untuk tambahannya mungkin di lain waktu saya akan buat versi 2 nya tentunya juga dengan bantuan teman-teman semua untuk berkomentar tentang artikel saya yang satu ini.


Kira-kira seperti itulah caranya dan saya sendiri lebih senang jika menggunakan Tips untuk menyebutnya "Tips Membuat Blog Agar Terlihat Lebih Menarik". Semoga saja informasi ini bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.
Jika ada kekurangan silahkan teman-teman sampaikan di kolom komentar :)

41 comments:

2012 mengatakan...

wah.... kalo menurut sobat...
blog ane berat nggak??
he..he.. :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Anggasona mengatakan...

@2012
hehehe, blog ente malah terlalu ringan sob, sy kan setia brkunjung ke blog sobat, haha, sip blognya, saya suka :)

BRI Jakarta Veteran mengatakan...

tips yang menarik dan bermanfaat sahabat, btw kalau blog-ku loadingnya bagaimana sahabat ... inform ya melalui shoutbox, makasih

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
grite mengatakan...

siip! saya masih awam nih.. mohon posting tentang cara membuat komentar lebih mudah.bisa ngga sob!

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Akoey mengatakan...

wah tipsnya bagus bgt Sob, terutama poin ke-3. eh, skalian aja sharing.. blogku berat ga yah..? jangan sungkan ngasih masukan yah.
thanks udh share ilmunya Sob... :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
etam grecek mengatakan...

bagaimana dgn blogku sob...
apa berat dan tidak berbobot...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Anggasona mengatakan...

@BRI Jakarta Veteran
infony sdh sy infokan sahabat di shoutmixnya, hehe :) nice blog..
@grite
ok sob, nanti sy postingkan ;)
@ akoey & etam grecek:
di coba cek aja sob langsung, sdh sy buatkan linknya di artikel di ats ;) monggo .. soal berbobot u kontennya, sy tidak bs komen lebih sob, yg jelas jika menyajikan info bermanfaat dan berguna untuk smua org itu jelas berbobot ;)

YAFI SITE mengatakan...

keren juga nih tipsnya.. wajib di coba agar trafficnya juga naik... thanks infonya sob..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
ndolem mengatakan...

mksh tips nya sob, menurut kamu blog ku lambat ga sob so ada yang bilang lemot

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
rafli pratama mengatakan...

Oke.. Terimakasih yah buat tipsnya.. Saya juga mau dong di liat kecepatan loading blognya.. Konfirm ya di cbox saya..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
matahari-pagi mengatakan...

sippp boz... :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
BOOK ONLINE mengatakan...

nice share sob,, keren nih.. moga sehat selalu sobat.. biar bisa blogging terus...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Awaluddin Jamal mengatakan...

wah bagus nih tipsnya..
sayang background blog saya gak putih.. jadi gak keliatan bersih seperti kata sobat.. he he :D

kalau blog saya berat apa ringan yah.. dikunjungi yah biar bisa jawab.. he he :D

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
mixedfresh mengatakan...

bagus juga infonya sob....tapi menurutmu loading blogku gimna?Berat ga?Udah beberapa widget terpaksa aku buang karena ga berguna...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
mixedfresh mengatakan...

setu banget ma point2 di atas mas angga
pantes lama ga kliatan ni, moga selalu sehat ya

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
defchania mengatakan...

Sip.. info sob..
smg lekas sembuh dari sakitny.
blog aq berat jg y sob?

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Anggasona mengatakan...

@YAFI SITE
ok sob, jk tipsny ini bs bermanfaat silahkan sj dicb ya ;) ty sob...
@ndolem, @rafli pratama, @mixedfresh
u mengeceknya silahkan liat di link yg sdh sy buatkan di atas sob, keterangannya jg ada disana ttg sbrpa Kb size dan load pagenya yg baiknya, ok? ;) hehe..
@matahari-pagi
ok sob, sip juga deh, hehehe :P
@BOOK ONLINE
amin sob, ty u doanya, alhmdllah sdh mendingan ;)
@Awaluddin Jamal
btul sobat, sbnrnya dgn background putih lbh seger liatnya, tp kan kembali lagi ke slera masng2 jg, hehe...nah u mengeceknya di atas sdh ada link u mngeceknya sob, di coba ya, hasilnya ntr kita diskusikan lg, kita sling tukar pendapat ;)
@ defchania:
ok sob, amin, makasie u doanya, sdh mendingan koq ;) di cek dl sob di link yg sdh sy buatkan di atas, nanti konfirm lg ke sy, n sy bantu kasih pendapat u blognya jg, ok sob ;)

ELANG ANTARNUSA mengatakan...

nice info sobat, bisa langsung sy praktekkan.
Skg dah sehat2 sj kan ??? :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Anggasona mengatakan...

@ELANG ANTARNUSA
alhmdllah sobat sdah baekan skrg, berkat doa dr km jg nih sob, hehe ;)

Halaman Samping-nya Inung Gunarba mengatakan...

langsung evaluasi diri nih sial loading page blogku. Kemarin sudah menghapus beberapa widget yang tak perlu. tapi kayaknya slide picasa-web dan widget dengan muatan slide mesti disingkirkan neh. trims berat :D

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
RSHsmart mengatakan...

wah... mantebh nih gan.... thx dah share....

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Redo Hamzah Marketer mengatakan...

sangat memberi inspiratif dan lebih mudah mempelajarinya

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
elhaq mengatakan...

sementara template ane masih bawaan nih bang, ge cari yang simpel.... tolong dibantu yak?... :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Fatih.. mengatakan...

Om..

mnurut om, blog saya bgus gk??

karna sya msh newbie alias baru ngeblogging (byasanya fb an truss jadi bosen pgn ke yang lain) kasih tips2 yang mendukung ya om..

nanti dateng k blog ku yaa

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Pusat Grosir Termurah mengatakan...

saya baru mengganti nama blog, tapi sekarang di search engine google nama yang lama masih tetep ada.. gmn ya biar bisa munculin nama blog qt yang baru?
makasih ..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Novri_Hairani mengatakan...

heheheheh....
tips menarik :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
inimun mengatakan...

merkunjung balik yaaa... tolong di review http://www.inimun.co.cc

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
se-masa mengatakan...

emang sob template blog tuh yang paling intinya, jangan banyak hiasan nanti menggangu pengunjung,, padahal artikelnya bagus..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
ShintaDion mengatakan...

BAGUS :) tipss nyaa

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
cerpencintashen mengatakan...

saya butuh bantuan nih buat blog baru saya http://storylovecerpencintashen.blogspot.com/
kalo boleh sih minta kritikannya yah!!!

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Rahmat Squarpants mengatakan...

gimana caranya membuat aksesoris blog yg menarik sbat??

rahmatsquarpants.blogspot.com

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Ast@newsped-Friendly mengatakan...

benar juga sih, tapi gimana caranya agar blog kita dikunjungi orang ya sehingga nambah teman juga..atau dikunjungi sekalian langsung di folow..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
gemar photoshop mengatakan...

kunjungi dan follow blog saya gan.. :)

terimakasiih...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
pulsa elektrik mengatakan...

menarik atau tidak adalah relatif sob,memang sulit untuk membuat pengunjung menyukai blog kita,maklum setiap kepentingan pengunjung kan beda2

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
ramadhani ichsan m mengatakan...

nice nii infonya kalo blog ane yang alamatnya ayam-sakit.blogspot.com berat gak yaaa gan.... :)

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
ilmu mengatakan...

ok lah kalau bgtu,,,,,,,,,tak jalanin tipsnya.! matur nuwun kang..!

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
jack machinegun mengatakan...

menurut agan blog ane gmn, apa kekurangannya,,

http://magicxxcyber.blogspot.com

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
ahmad khoiron mengatakan...

gabung dong gan,, ane mci buta ne, mngkin bsa bntu or sharing...

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
araii mengatakan...

follow @ araii-arsyad.blogspot.com

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
cemburu buta mengatakan...

hems .. mampir jga yah ke blog saya ..

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona
Densus 1989 mengatakan...

http://www.densus1989.co.cc/

Klu pnya gw gmna bro

Terimakasih Untuk Komentar Teman-teman Pada Artikel Ini... by Anggasona

Poskan Komentar

Sebelum berkomentar, harap artikelnya dibaca dulu agar komentarnya nyambung dengan Topik, komentar yang tidak relevan dengan artikel akan dihapus !

Dan jangan menaruh link (Nyepam) di sini... Trims...

[Buku Tamu ada di halaman Home Page]

[ Form Komentar Klasik ]

 
Back To Top